Apa itu Processing Device ? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Processing Device (Perangkat pemproses) di dalam komputer merupakan sebutan bagi perangkat keras yang berfungsi memproses sekaligus mengolah data yang diterima dari peralatan input lalu dikeluarkan lagi menjadi hasil informasi yang siap diterima oleh manusia. Contoh dari Processing Device antara lain : CPU (Processor), MotherBoard, RAM, ROM, Memory, VGA Card, LAN, Hard Disk, CD ROM, DVD ROM, Power Supply, dan masih banyak lagi.

Supaya anda lebih mudah untuk memahaminya saya akan menganalogikan seperti ini, misalnya ibu iwan memerintahkan iwan ke warung membeli bawang (ini input) lalu iwan pergi membelinya (ini adalah proses), setelah bawangnya dapat lalu iwan menyerahkannya ke ibu iwan (ini adalah output). Semoga anda paham ya dengan analogi saya diatas, sebenarnya contoh diatas masih panjang sih kalau mau disambung terus karena ada proses selanjutnya bagaimana ibu memanfaatkan bawang yang sudah didapat.

Sesimpel itulah pengertian dari processing device, sekarang saatnya kita akan membahas perangkat-perangkat keras yang sudah saya sebutkan diatas, penjelasan dibawah ini lebih mengarah ke komputer yang kita kenal pada umumnya ya, jadi bukan perangkat lain yang sebenarnya juga bisa disebut komputer namun kurang pas (misalnya kalkulator), langsung saja silahkan simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Motherboard

Motherboard adalah pusat pengendali yang mengatur segala komponen komputer termasuk semua processing device. Pada motherboard terdapat kabel/sirkuit/jalan untuk listrik yang berfungsi sebagai pemberi energi maupun sebagai sarana pertukaran data dengan komponen lainnya. Berdasarkan berita di internet semakin mahal harga motherboard semakin banyak juga fiturnya, dan direkomendasikan untuk anda jika beli motherboard agar menyamakan level harga motherboard dan komponen yang dipakai, terkhusus pada komponen CPU dan VGA yang akan dibahas nanti, karena jika tidak disamakan ditakutkan akan merusak salah satunya.

CPU atau Processor

CPU atau processor adalah sebuah otak dari komputer, kenapa disebut begitu karena sebagian besar perhitungan – perhitungan yang dilakukan komputer akan dilakukan disini, tanpa perhitungan tersebut maka komputer tidak akan bisa bekerja. Kalau ada yang tanya, komputer kan bukan hanya jadi kalkulator ? Iya memang benar kita bahkan bisa memutar video pada suatu komputer canggih saat ini, namun dibalik video yang kita saksikan pasti ada perhitungan rumit dibelakangnya, kita saja yang tidak sadar karena CPU terlalu cepat untuk melakukannya.

RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) merupakan singkatan dari random access memory, memori ini bertujuan untuk penyimpanan data sementara yang datanya disimpan secara acak sehingga ketika komputer dimatikan semua data yang ada di memory RAM ini juga akan ikut hilang (volatile memory). Terus apa dong kegunaan RAM ? Kegunaan RAM adalah sebagai pembantu processor mengolah data, cara kerjanya RAM akan membaca data dari penyimpanan data lain lalu menyimpan datanya untuk sementara, tujuannya seperti yang sudah saya jelaskan diatas, CPU memiliki perhitungan yang sangat cepat jadi diperlukan pasangan memori yang cepat juga untuk dibaca maupun ditulis.

Salah satu keunggulan RAM adalah kecepatan baca tulisnya yang sampai -+ 20.000MB / detik, sedangkan hardisk palingan 100 MB / detik dan SSD 5.000 MB / detik. Jika dipaksakan menggunakan SSD atau Hardisk tentu saja processor akan menunggu proses baca tulisnya yang lambat dan akhirnya peforma processor ikut melambat juga.

ROM (Read Only Memory)

ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca dan tidak bisa ditulis bersifat non-volatile dan tidak hilang jika power listrik dimatikan, ada salah satu kesalahpahaman dimasyarakat saat ini dimana menyebutkan ROM sebagai memori internal dari suatu smartphone, sebenarnya itu salah karena memori internal bisa dihapus dan di tulis yang sering digunakan untuk menyimpan aplikasi, foto, dan video. Lebih masuk akal jika ROM digunakan untuk menyimpan informasi komponen hardware yang terpasang permanen (seperti firmware) yang bisa dimanfaatkan oleh sistem operasi yang terinstall.

Kartu Grafis / VGA Card

VGA (Video Graphic Adapter) Card adalah adalah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data graphis yang akan ditampilkan dilayar monitor semakin kompleks tampilannya maka kartu grafis akan bekerja lebih keras. kartu grafis zaman sekarang sering digunakan untuk memainkan game 3D modern, merender video, melatih kecerdasan buatan, menambang uang digital dan lain sebagianya. Menurut saya sendiri kartu grafis hampir mirip dengan processor yaitu memproses data yang kompleks namun beda tugas saja, karena tugas antara keduanya (cpu dan gpu) sangat berat maka sekali lagi gunakan lah motherboard yang selevel biar tidak merusak ketiganya.

Hardisk dan SSD

Hardisk dan SSD merupakan tempat penyimpanan data semi permanen yang sering digunakan, berbeda seperti RAM kedua jenis penyimpanan ini tidak akan menghapus datanya jika listrik dimatikan. Anda bisa menyimpan file apapun di kedua penyimpanan ini selama bisa dibaca komputer, yang paling penting sih data sistem operasinya, karena jika ga punya sistem operasi bagaimana buka datanya. Jika anda ingin membeli tempat penyimpanan data yang baru, saya lebih merekomendasikan anda memilih SSD karena lebih cepat 10 kali libat dibanding hardisk, kekurangannya cuman lebih mahal dibanding hardisk.

LAN Card adalah merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan, sangat penting jika anda ingin bertukar data jaringan dengan komputer lain atau sekedar konek ke internet. Jika anda membeli laptop komputer pada saat ini saya rasa anda tidak perlu untuk membeli LAN Card secara terpisah, karena biasanya sudah tersedia pada laptop komputer terbaru saat ini.

Power Supply

Merupakan sebuah perangkat yang ada di gunakan untuk memfilter listrik yang masuk melalui komputer, jadi jika ada lonjakan listrik yang naik turun maka power supply ini akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada perangkat komputer yang digunakan. Pemilihan power supply yang bagus juga tidak kalah penting dengan Motherboard, CPU dan VGA, karena pengelolaan listrik yang salah dari power supply yang jelek akan membuat komputer anda mati total.

Floppy Disk

Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang jadul sekali, dan bahkan sedikit sekali orang yang menggunakannya, yang jual mungkin juga sudah tidak ada. Cara kerja penyimpanan floppy disk hampir sama dengan CD / DVD biasa, namun dengan piringan yang lebih kecil, lentur dan kapasitasnya yang sangat kecil (yang pernah saya temui 144 KB), untuk melindungi piringannya floppydisk biasanya dibungkus didalam sebuah kotak persegi, yang memudahkan juga saat kita ingin memasukkan kedalam komputer.

CD ROM dan DVD ROM

CD ROM digunakan untuk membaca CD (compact disk). CD-ROM yang lebih baru juga dapat membaca CD-R (CD yang hanya dapat diisi 1 kali) dan juga CD-RW (CD yang dapat di isi berulang kali). Pada tahun-tahun ini sepertinya CD mulai di tinggalkan terbukti dari sudah jarangnya laptop keluaran baru yang menyematkan fitur CD ROM ini, sepertinya semua orang ingin beralih ke cloud daripada repot menggunakan CD. Sedangkan DVD ROM sama saja sih dengan CD ROM fungsinya untuk membaca DVD, kalau anda bertanya apa beda CD dan DVD ? kalau menurut saya sih kapasitas penyimpananya, yaitu DVD lebih besar dari CD.

Oke itulah macam-macam processing device (Perangkat pemproses). contoh processing device bukan hanya itu saja ya, masih banyak lagi perangkat komputer yang saya belum sebutkan. Untuk contoh-contoh processing device lainnya silahkan cari sendiri ya, kan sudah tahu pengertiannya. Oke cukup sekian artikel ini saya tulis sampai jumpa diartikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *