Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome Tanpa Mikrotik

Diartikel lain di blog ini saya membahas tentang download yang lambat penyebabnya antara lain adalah koneksi server yang dibatasi provider atau server tersebut memang lambat. nah ternyata setelah menulis artikel ini saya mendapatkan satu penyebab lagi yaitu tidak kebagian bandwidth internet karena terdapat banyak orang lain yang memakainya.

Salah satu kasus yang sering kita temui adalah tentang penggunaan Wi-Fi yang penuh, sobat pasti pernah saat sedang berselancar di internet dengan Wi-Fi lalu tiba-tiba internet lambat atau terputus secara tiba-tiba, itulah tanda-tandanya batwidth internet sudah penuh dan perlu adanya penambahan atau manajemen bandwidth yang lebih bagus lagi.

Pada bagian menajemen bandwidth ini ada suatu alat yang dapat melakukannya dengan baik yaitu mikrotik, orang-orang yang bekecimpung di masalah jaringan harus memahami tentang bagaimana mengkonfigurasi mikrotik ini, sehingga keahlian mikrotik selalu menjadi salah satu syarat untuk lowongan kerja yang terkait tentang jaringan komputer.

Jika sobat tertarik ingin membeli mikrotik sobat bisa begabung di grup facebook yang membahas mikrotik mungkin anggota-anggota disana bisa membantu untuk konfigurasi bandwidth nya. Diartikel ini kita tidak akan membahas tentang konfigurasi bandwidth indihome dengan mikrotik melainkan cara gampangnya, karena ini cara gampang tentu saja hasilnya tidak akan se-efektif kalau kita menggunakan mikrotik, jadi jangan dibanding-bandingkan ya pasti hasilnya jauh.

Cara ini tidak memerlukan alat tambahan, jadi hanya mengandalkan modem indihome saja, caranya pertama-tama sobat harus membuka pengaturan di Wi-Fi indihome silahkan ketik kan 192.168.1.1 di url browser dan klik enter jika muncul isian username dan password maka alamat pengaturannya benar, dan silahkan masukkan username dan password “admin”. Tetapi jika salah sobat bisa melihatnya dibagian bawah modem Wi-Fi indihome masing-masing biasanya terdapat alamat pengaturan sekaligus dengan username dan passwordnya.

Halaman pengaturan modem

Setelah username dan password sudah benar kita akan mengatur di bagian network tepatnya di Wireless 2.4Ghz nya, sobat bisa ikuti gambar dibawah ini.

Halaman pengaturan Wi-Fi
Ganti ke mode b

Setelah itu silahkan ubah mode Wi-Fi nya ke mode b, kenapa harus ke mode b, berikut ini pejelasannya. Bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini bahwa Wi-Fi mode b mempunyai kecepatan yang paling rendah dari semuanya

Table perbandingan teknologi Wi-Fi

Dengan memanfaatkan kecepatan yang lambat tersebut maka kita dapat membatasi bandwidth kesemua user yang sedang terkoneksi jadi misalkan bandwidth indihome sebesar 20Mbps maka jika kita menggunakan Wi-Fi mode b kecepatan pengguna Wi-Fi hanya maksimal 11Mbps, tetapi perlu di ingat bahwa 11Mbps adalah kecepatan maksimalnya jika sinyal lemah maka kecepatan akan semakin berkurang sampai 1-2Mbps.

Klik save untuk meyimpan

Setelah berhasil mengganti ke mode b jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara klik save, setelah itu pasti koneksi Wi-Fi akan terputus sebentar dan terkoneksi kembali.

Perbandingan kecepatan di W-Fi status

Hasil uji kecepatan di speedtest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *